Skip to content

Tips ngeblog

27 Februari 2009

Menjalankan bisnis online sebagai blogger memerlukan suatu pemikiran kritis apakah blog kita termasuk dalam kategori interaktif atau cukup informatif. Seperti saya yang cuma sebagai informatif sites Mungkin ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memastikan kita di jalur yang tepat untuk membuat blog kita lebih sukses dalam bisnis online. Karena masih sama-sama belajar, jadi mungkin beberapa langkah dan tips berikut ini bisa jadi masukkan lagi buat kita. Menurut saya sebenarnya gak jauh beda cara membangun bisnis online antara website dengan blog. Daripada website tentunya lebih mudah make blog disamping gampang buatnya juga simple banget, gag perlu make bahasa php untuk membuatnya tinggal daftar aja, beres deh . heheh Tapi mohon maaf kalo mungkin langkah-langkah berikut ini tidak akan menjamin kita bisa benar-benar sukses. Karena dari blog kita sendirilah kita mulai belajar dan terus belajar.

1. Melakukan analisis usaha.

Mungkin bahasanya sok bisnisman, tapi kenyataannya walaupun kita blogger tapi harus tetep melakukan ini. Mulai dengan meninjau tujuan dari blog kita. Apa yang kita inginkan dari blog kita? Bagaimana caranya agar blog kita bisa sesuai dengan rencana bisnis kita secara keseluruhan? Yang paling penting adalah mulai dengan mengembangkan rencana bisnis sebelum kita melanjutkannya lebih jauh. Rencana bisnis online kita ini merupakan salah satu jalan menuju sukses, jadi pastikan tujuan dari blog kita tuh cocok ke dalam keseluruhan rencana bisnis kita. Intinya yakin lah..

2. Melakukan beberapa penelitian

Hal ini termasuk tahap dari pencarian jati diri. Amati kompetisi bisnis yang memungkinkan dari blog kita. Kita harus selalu melihat jenis kompetisi apa saja yang ada di luar sana. Apa jenis pemasaran dari blog kita termasuk dalam kompetisi tersebut? Jangan melihat ke belakang, termasuk kekurangan kita. Tapi sebaiknya lihat bagaimana pasar bekerja saat ini. Mulai dengan mengembangkan kelebihan dan kelemahan kita tentang persaingan dalam bisnis online, dan kemudian berusaha menjadikan blog lebih baik.

3. Mengembangkan konsep dan desain Blog

Sekaranglah saatnya untuk lebih kreatif. Semua aspek blogger yang kreatif diantaranya seperti pemilihan konten tertentu yang lebih spesifik, layout dari blog termasuk navigasi dan keseluruhan dari tampilan dan nuansa dari blog kita, dan lain-lain. Jangan lupa memperhatikan struktur navigasi dari blog kita. Yakinkan bahwa pengunjung blog kita nyaman dengan strukur navigasi. Biarkan navigasi kita tetap simpel dan demi tujuan SEO maka pastikan navigasi kita tetap berbasis teks. Walaupun mungkin menggunakan teknologi Flash blog kita terlihat lebih keren, tapi ini justru tidak memudahkan teknik SEO kita.

4. Kembangkan Blog Kita

Pertimbangkan juga mengenai berbagai cara untuk mengembangkan teknologi dari blog kita. Pastikan bahwa blog kita telah menggunakan teknologi terkini, seperti ASP, PHP, HTML, CSS, yang akan berguna untuk selanjutnya mungkin sampe 3 sampai 5 tahunan ke depan. Database yang menjalankan blog memberikan kemudahan melalui penggunaan sistem manajemen konten, tetapi pastikan kita tetap menggunakan CMS yang cocok dengan SEO. SEO yang cocok dengan CMS akan memanfaatkan URL secara optimal, tidak aneh melihat deretan query dengan berbagai karakter dan penuh tanda tanya. Deretan query pada mesin pencari akan memberikan Ranking yang sesuai pada blog kita.

5. Pilih Provider hosting Untuk Jalankan Blog

Jika tidak memakai blogspot dan semacamnya kita tentu butuh hosting. Ketika menentukan hosting mana yang kita pakai, pastikan hosting tidak sekedar normatif, tetapi juga sudah cukup lama di bisnis online. Tanyakan tentang kecepatan hosting buat blog kita. Jika blog kita lagi down karena berbagai alasan, ini bukan hanya akan mempengaruhi blog kita untuk saat ini dan potensi pelanggan. Tetapi juga mempengaruhi kinerja dari mesin pencari. Jika mesin pencari memutuskan pada hari tertentu untuk penjelajahan blog kita, maka ini akan merugikan traffic rank kita.

6. Mempromosikan Blog Kita

Daftarkan blog kita pada mesin pencari utama seperti Google dan Yahoo. buat para master tentu ini sudah nglontok tapi mungkin buat para newbie harus tahu akan hal ini. Pertimbangkan “Pay per Click” periklanan dengan mesin pencari utama seperti google dan jangan lupa mengenai promosi jangka panjang SEO untuk target traffic buat blog kita.

7. Peliharalah Blog dengan Sabar

Ini yang terakhir dan memang perlu keuletan dalam hal ini. Mungkin yang paling penting adalah langkah jangka panjang untuk terus memberikan informasi yang relevan dan terkini pada website Anda. Pastikan konten blog kita terkini untuk mendorong pengunjung kembali dan berikan sesuatu yang lebih agar mereka kembali. Terkait dengan SEO, mesin pencari hanya suka dengan situs atau blog yang menyediakan konten baru secara rutin dan memiliki peningkatan traffic yang signifikan.

Secara keseluruhan maka buat pemula ataupun yang masih tahap pembelajaran seperti saya, maka kita harus selalu berpikir bahwa blog kita bukan hanya sekedar alat bisnis,tetapi juga harus memberi pendapatan yang berarti buat kita.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: