Skip to content

generasi komputer

20 Januari 2009

Awalnya komputer merupakan alat hitung,yang dahulu satu perangkat komputer itu bisa mencapai penuh seisi rumah karena tiap sistem yang dijalankan itu beda mesin jadinya banyak banged mesin2nya dalam perangkat komputer terdahulu. Perkembangan komputer terbagi dalam beberapa generasi bro/sist,gag enak dung kalo kalian punya komputer tapi gag tau generasinya, nah pembahasanya di bawah ini..

Generasi pertama ( 1942-1958 ) :  Komputer generasi pertama ini menggunakan komponen elektronika tabung hampa(vacum tube). Program ini dibuat dalam bahasa mesin(machine languange). Ciri-cirinya : ukuran komputer sangat besar , Memerlukan banyak pendingin , Prosesnya lambat , Memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit , Media penyimpanan karu plong .

Generasi kedua ( 1959-1964 ) :  Komputer generasi kedua ini menggunakam komponen elektronik transistor. Program dibuat dalam bahasa assembly (assembly languange) dan Fortran. Ciri-cirinya : Ukuran komputer relatif lebih kecil , Tidak banyak mengeluarkan panas , Tidak mengenal magnetic tape dan magnetic disk untuk penyimapanan data , Mulai mengenal tele processing , Proses lebih cepat , Kapasitas penyimpanan data semakin besar .

Generasi ketiga ( 1964-1971 ) :  Komputer generasi ketiga ini menggunakan komponen elektronikdari integrated circuit. Program dibuat dalm bahasa tingkat tinggi (high level languange),yaitu Basic, Fortran, Cobol dll. Ciri-cirinya :  Ukuran tentu lebih kecil dari generasi kedua , Mulai mengenal MMulti Programing dan Multi Processing , Adanya integrasi antara software dan hardware dalam operating system , Prosesnya sangad cepat , Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar .

Generasi keempat ( 1971-… ) :  Komputer genersi keempat ini menggunakan komponen elektronik dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (very large scale integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian yang dapat mencapai 100.000 komponen tiap Chip. Bahkan tiap Chip dari Intel Pentium pun 4 dengan Hyper-Threading Technologi suadah mencapai 55 juta komponen. Ciri-cirinya :  Ukuran tentu lebih diperkecil lagi , Mulai mengenal komunikaasi antara terminal dan komputer serta komputer dengan komputer itu sendiri , Multi Programming dan Multi Processing , Mulai mengenal sistem terdistribusi,jaringan lokal,dan jaringan jarak jauh , Prosesnya bertambah cepat ,  Memiliki kapasitas penyimpanan data yang sangat besar .

Generasi kelima (  1982-… ) :  Komputer inimenggunakan komponen elektronik terbaru dari Chip VLSI. Program dibuat dalm bahasa Prolog (Programming Logic) dan LISP (List Prossesor). Komputer generasi kelima difokuskan kepada artifical inteligence (kecerdasan buatan), yaitu sesutau yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analogi tingkah laku manusia. Ciri-cirinya :  Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri , Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain , Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logik ,  Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya , Dapatmemilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan , Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan mengolah kata

Generasi kelima (  1982-… ) :  Komputer inimenggunakan komponen elektronik terbaru dari Chip VLSI. Program dibuat dalm bahasa Prolog (Programming Logic) dan LISP (List Prossesor). Komputer generasi kelima difokuskan kepada artifical inteligence (kecerdasan buatan), yaitu sesutau yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analogi tingkah laku manusia. Ciri-cirinya :  Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri , Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain , Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logik ,  Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya , Dapatmemilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan , Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan mengolah kata.

Di bawah ini laptop yang saya gunakan sehari-hari,maklum pemula laptopnya yang sederhana aja . Laptop merk acer aspire 4315. Cukup dengan spek :

  • Intel celeron processor 550 (2.0 GHz, 533 Mhz FSb, 1 MB L2 cache )
  • 14.1″ WXGA Acer CristalBrite LCD
  • Mobile Intel Graphics ( Media Accelerator X3 100 )
  • 512 MD DDR
  • 120 GB HDD
  • DVD-Super Multi DL
  • 802.11b/g WLAN
  • Empowering Technology2031
About these ads
3 Komentar leave one →
  1. surya sams permalink
    18 September 2010 1:59 pm

    thanks .aku bisa kerjakan tugas dengan baik

  2. surya sams permalink
    18 September 2010 2:01 pm

    klo ada tugas lagi boleh tanya kan?

  3. 17 Januari 2011 10:39 am

    @surya sams : siap lanjut gan . boleh2 aja asal ane bisa pasti ane jawab kok hehee
    thanks dah mampir ke blog saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: